TEORI KOGNITIF


[T2] Buat ABhas (Anik dan Bashar) dkk!

1.      Setelah anda membahas teori belajar behavioristik, pastikan bahwa anda telah dapat membuat suatu simpulan tentang titik fokus perhatian dari teori belajar behavioristik dan penerapannya dalam kegiatan belajar. Berdasarkan simpulan anda tersebut buatlah kritik terhadap teori belajar behavioristik tersebut! Sementara itu:

2.      Teori  belajar kognitif mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar itu sendiri – belajar melibatkan proses berfikir yang sangat kompleks. Perhatian penganut teori ini terpusat pada proses bagaimana suatu ilmu yang baru berasimilasi dengan ilmu yang sebelumnya telah dikuasai siswa. Menurut teori ini, ilmu pengetahuan dibangun dalam diri seseorang individu melalui proses interaksi yang berkesinambungan dengan lingkungan. Dalam praktek, teori ini antara lain terwujud dalam ”tahap-tahap perkembangan” yang diusulkan Jean Piaget, ”belajar bermakna”-nya Ausubel, dan ”belajar penemuan secara bebas” (free discovery learning) oleh Jerome Bruner.
a.       Buatlah sari pati dari teori belajar kognitif dari masing-masing tokoh di atas!
b.      Berikan penjelasan secara visual (video) tentang teori belajar kognitif tersebut sehingga menjadikan pemahaman kita lebih jelas!
c.       Buatlah kritik terhadap teori belajar ini!

3. Selamat bekerja, semoga keberhasilan bersama anda!

0 komentar:

Posting Komentar

Return top