Behavioristik

[T2] Hai Bashar & Anik, dkk. di Klas A/B PGSD FKIP UMK

Guru sebagai pekerja profesional ditandai pada unjuk kerjanya, yakni bekerja tidak asal, tidak semau gue, tidak yang penting kerja, tidak hanya mengandalkan pengalaman sepihak, dst. Akan tetapi guru dalam mengajar mendasarkan diri pada suatu pegangan/acuan teori tertentu yang diyakini dapat menjadikan peserta didik mengalami pembelajaran dalam dirinya. Dengan kata lain dengan menerapkan teori belajar tertentu peserta didik mau melakukan aktivitas belajar. Karena teori merupakan cara penyederhanaan masalah yang kompleks; teori diibaratkan sebug map (peta). Lewat peta itulah, sekalipun tidak detail,sesuatu yang kompleks dapat ditelusuri dengan mudah. Guru memiliki patokan, dan memanfaatkan indikator dalam peta untuk mengenali dan memprediksi setiap langkah yang diambil.

Dalam buku “Belajar dan Pembelajaran” karya Dr.C.Asri Budiningsih dengan penerbit Rineka Cipta Hal. 19 -30 menguraikan teori-teori belajar di maksud. Tugas teman-teman:
1. Buat simpulan bagaimana konsep belajar dari masing-masing teori tsb!
2. Untuk membuat simpulan, kunjungi alamat berikut ini:
a. http://www.youtube.com/watch?v=DS1t-ckcZfs
b. http://www.youtube.com/watch?v=mYGusCFBt40
c. http://www.youtube.com/watch?v=hhqumfpxuzI
d. http://www.youtube.com/watch?v=TmO7WLxWWFE
e. http://www.youtube.com/watch?v=Y6XAiTSLW5g
f.  http://www.youtube.com/watch?v=cX0teReijUk
g. http://www.youtube.com/watch?v=I39LPOYfE5c
h. http://www.youtube.com/watch?v=ooqvgcY5VKU
3. Berdasarkan informasi dari alamat-alamat tersebut di atas, pilih sertai alasan anda teori belajar mana yang paling unggul!
4. Kerjakan secara kelompok, Selamat berdiskusi!

2 komentar:

silvi_must_fight

mr.. koq alamat nya ndak langsung bisa nge link njih..?

UKI

Oh ya? dicoba lagi aja!!! Ntar kalo masih ga' bisa comen lagi ya! Tq.

Posting Komentar

Return top