Belajar dan Pembelajaran


[T1] Hai Anik, dkk
Di PGSD FKIP UMK
Tempo hari kita telah bicang-bincang tentang  masalah “ Belajar dan Pembelajaran”. Kata “Belajar” dapat dimaknai terkait dengan aktivitas yang dilakukan peserta didik sehingga terjadi perubahan secara positi f dalam dirinya. Sementara kata “Pembelajaran” di antaranya menunjuk pada aktivitas yang dilakukan guru sehingga pada diri peserta didik mau dan mampu melakukan kegiatan belajar. Bila makna tersebut dapat diterima, maka guru memiliki peran penting di dalam menentukan keberhasilan belajar para peserta didik pada saat sekarang dan masa yang akan datang. Oleh  karena itu pada kesempatan ini perlu dibahas tentang  teori yang dapat menyederhanakan masalah “belajar dan pembelajaran”, agar suatu kopetensi tertentu dapat diraih para calon guru.


Pada pertemuan Kamis 23 September 2010 besok disepakati mau menyoal teori Deskriptif dan teori Preskriptif. Untuk itu silakan anda dan kawan-kawan merujuk sumber berikut ini:
1.       Dr. C.Asri Budiningsih. 2004. Belajar dan Pembelajaran.  Jakarta: Rineka Cipta
2.       Baca dengan cerdas!
a.       Prescrptive Vs Descriptive, dengan alamat: http://www.youtube.com/watch?v=gJL5smS8dsA atau 
b.      Who decides 2010? Prescription or Description, dengan alamat:http://www.youtube.com/watch?v=vgJ6vB9gogc&feature=related  atau
c.       Clarification Needed Descriptive or prescriptive.wmv, pada alamat: http://www.youtube.com/watch?v=N7oJqJpgxnI
3.       Berdasarkan sumber-sumber di atas, lakukan tinjauan kritis dan selanjutnya dibuat suatu simpulan tentang apa sesungguhnya itu teori deskriptif dan teori preskriptif itu bila  dikaitkan dengan upaya belajar dan pembelajaran.
4.       Selamat berdiskusi!:)

0 komentar:

Posting Komentar

Return top