Behavioristik

[T2] Hai Bashar & Anik, dkk. di Klas A/B PGSD FKIP UMK

Guru sebagai pekerja profesional ditandai pada unjuk kerjanya, yakni bekerja tidak asal, tidak semau gue, tidak yang penting kerja, tidak hanya mengandalkan pengalaman sepihak, dst. Akan tetapi guru dalam mengajar mendasarkan diri pada suatu pegangan/acuan teori tertentu yang diyakini dapat menjadikan peserta didik mengalami pembelajaran dalam dirinya. Dengan kata lain dengan menerapkan teori belajar tertentu peserta didik mau melakukan aktivitas belajar. Karena teori merupakan cara penyederhanaan masalah yang kompleks; teori diibaratkan sebug map (peta). Lewat peta itulah, sekalipun tidak detail,sesuatu yang kompleks dapat ditelusuri dengan mudah. Guru memiliki patokan, dan memanfaatkan indikator dalam peta untuk mengenali dan memprediksi setiap langkah yang diambil.
Baca selengkapnya »

Belajar dan Pembelajaran


[T1] Hai Anik, dkk
Di PGSD FKIP UMK
Tempo hari kita telah bicang-bincang tentang  masalah “ Belajar dan Pembelajaran”. Kata “Belajar” dapat dimaknai terkait dengan aktivitas yang dilakukan peserta didik sehingga terjadi perubahan secara positi f dalam dirinya. Sementara kata “Pembelajaran” di antaranya menunjuk pada aktivitas yang dilakukan guru sehingga pada diri peserta didik mau dan mampu melakukan kegiatan belajar. Bila makna tersebut dapat diterima, maka guru memiliki peran penting di dalam menentukan keberhasilan belajar para peserta didik pada saat sekarang dan masa yang akan datang. Oleh  karena itu pada kesempatan ini perlu dibahas tentang  teori yang dapat menyederhanakan masalah “belajar dan pembelajaran”, agar suatu kopetensi tertentu dapat diraih para calon guru.

Baca selengkapnya »
Return top